Phone: +62 811 1111 1111
e-mail: support@ikapal.org

SELAMAT UNTUK IKAPAL.

Selamat kepada IKAPAL yang telah berhasil mengusung salah satu kadernya menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta (IKAUPNVJ) dalam Kongres yang baru saja berlangsung bulan lalu. Dan selamat memimpin, menjalankan amanah Alumni dan tanggungjawab Organisasi kepada Saudara Tomy Patria Edwardy, Alumni Teknik Perkapalan Angkatan 1994, yang telah disahkan dan ditetapkan sebagai Ketua Umum IKAUPNVJ dalam Kongres ketiga.

Pada 6 Mei 2017 bertempat di Auditorium Kampus UPN Veteran Jakarta, Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta (IKAUPNVJ) telah menyelenggarakan Kongres yang ketiga dengan lancar. Anggaran Dasar IKAUPNVJ mengatur bahwa Kongres dihadiri oleh utusan-utusan Lembaga Ikatan Alumni Jurusan se-UPN Veteran Jakarta, Alumni Jurusan atau Program Studi yang sudah terlembaga/memiliki lembaga, masing-masing 6 orang sebagai peserta Kongres.

Lembaga Ikatan Alumni Jurusan di UPN Veteran Jakarta berjumlah 17 lembaga dari 21 Jurusan dan Program Studi yang telah meluluskan Mahasiswa. Dari 17 Lembaga Ikatan Alumni Jurusan, 15 Lembaga Ikatan Alumni Jurusan hadir dan mengirimkan utusannya dalam Kongres, sehingga Kongres dinyatakan kuorum. IKAPAL termasuk Lembaga Alumni Jurusan yang hadir dan mengirimkan utusannya, serta mengusung Calon Ketua Umum IKAUPNVJ Periode 2017-2020, yaitu Saudara Tomy Patria Edwardy.

Kongres juga dihadiri peserta tamu undangan sebagai peninjau yang terdiri dari beberapa tokoh Alumni dan tamu kehormatan dari perwakilan Ikatan Alumni UPN Veteran Jogjakarta dan Jawa Timur. Kongres membahas agenda pokok yaitu laporan pertanggungjawaban Ketua Umum periode 2014-2017, pengesahan peraturan organisasi dan pemilihan Ketua Umum periode selanjutnya.

Kongres menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut:

1. Mengesahkan Tata Tertib Sidang Kongres 2017.
2. Menerima dan mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum Periode 2014-2017.
3. Menetapkan kembali Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi.
4.Menugaskan kepada Lembaga Majelis Alumni untuk melaksanakan Kongres Luar Biasa Khusus dengan agenda tunggal yaitu mengkaji, membahas, menetapkan kembali Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi sesuai dengan Berita Acara Rekomendasi Kongres ketiga, dalam kurun waktu Periode 2017-2020.
5. Menetapkan Garis-garis Besar Haluan Program Organisasi (GBHP).
6. Mengesahkan dan menetapkan Calon Tunggal Saudara Tomy Patria Edwardy, sebagai Ketua Umum IKAUPNVJ Periode 2017-2020.

Ini adalah kedua kalinya kader IKAPAL menduduki posisi sebagai Ketua Umum IKAUPNVJ, setelah sebelumnya Saudara Mulyadi Widodo, Alumni Teknik Perkapalan 1994, berhasil memenangkan kompetisi pemilihan Ketua Umum pada Kongres pertama IKAUPNVJ tanggal 15 Mei 2011 dan ditetapkan Kongres sebagai Ketua Umum IKAUPNVJ yang pertama untuk Periode 2011-2014.

IKAPAL sejak awal, melalui pribadi-pribadi alumninya, telah memimpin inisiatif berdirinya kembali Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta, dan bersama dengan alumni-alumni dari jurusan lainnya membidani lahirnya IKAUPNVJ pada tahun 2011.

Inisiatif ini diawali dari obrolan-obrolan nostalgia sekitar bulan September 2009, setelah sekitar 10 tahun berlalu tidak bertemu, dari masa-masa tahun 1996-1998 saat itu masih menjadi aktifis Mahasiwa UPN Veteran Jakarta, dimana pada masa-masa itu kebersamaan dalam berdiskusi, bekerjasama dan berkegiatan di Organisasi Mahasiswa di UPN Veteran Jakarta mengalami puncaknya. Dari obrolan dimaksud muncullah keinginan untuk membuat pertemuan terbatas agar dapat saling bertemu satu dengan yang lainnya dengan agenda saat itu hanya sebatas silaturahmi, karena sejak lulus tahun 1999-2001 masing-masing sibuk pada diri sendiri. Sebenarnya keinginan pertemuan nostalgia orang per orang, reuni kecil dari beberapa aktifis Mahasiswa di tahun itu, sudah sering didiskusikan namun tidak kunjung dapat dilaksanakan. Dan pada akhirnya kader IKAPAL mengambil inisiatif dan memfasilitasi pertemuan nostalgia itu dapat terlaksana.

Secara umum proses itu tertuang dalam tulisan singkat sebagai berikut:

Pertama, pada 9 Nopember 2010, Saudara Mulyadi Widodo dan Saudara Tomy Patria Edwardy, dari IKAPAL, menginisiasi pertemuan silaturahmi yang disebut dengan nama “Salam Lisan 94/95”, yang artinya Silaturahmi Alumni Lintas Jurusan Angkatan 1994/1995, di Kafe Fifo Ciputat, Tengerang Selatan. Pertemuan itu dihadiri oleh 21 orang mantan aktifis Mahasiswa pada periode tahun 1996-1998 dan masing-masing menyampaikan testimoni. Pada akhir pertemuan kemudian mendiskusikan tentang keberadaan Lembaga Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta yang sebelumnya dikabarkan telah ada, namun telah 10 tahun tidak aktif lagi, ada keinginan untuk diaktifkan kembali. Akhirnya pertemuan memutuskan untuk membuat pertemuan lanjutan yang lebih besar dan lebih representatif untuk mendiskusikan Lembaga Ikatan Alumni. Tim Pengarah ditunjuk Saudara Mulyadi Widodo dan Saudara Popon Linggageni (Alumni Jurusan Manajemen Angkatan 1994), Tim Pelaksana ditunjuk Saudara Tomy Patria Edwardy.

Kedua, pada 30 Januari 2011 di Kafe Fifo Ciputat dilaksanakan pertemuan lanjutan yang disebut dengan nama “Salam Lisan Dua”, Silaturahmi Alumni Lintas Jurusan Kedua, dihadiri oleh sekitar 70 orang dari berbagai alumni jurusan. Setelah dilakukan verifikasi perihal keberadaan Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta, pertemuan akhirnya mengambil kesimpulan untuk menghidupkan kembali Lembaga Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta (dikenal dengan istilah melembagakan kembali) dan sekaligus mengesahkan pertemuan dimaksud sebagai Rapat Pra Kongres. Rapat Pra Kongres memutuskan bahwa Kongres Alumni selambat-lambatnya harus sudah terlaksana 6 bulan sejak hari itu diputuskan. Rapat juga menunjuk Dewan Presidium Kongres yang terdiri dari 5 orang yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan Kongres Pertama Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta, yaitu Sdr. Bambang Hedianto (Angakatan 1994, alumni Ilmu Komputer), Sdr. Mulyadi Widodo (Angkatan 1994, alumni Teknik Perkapalan), Sdr. Popon Linggageni (Angkatan 1994, alumni Manajemen), Sdr. Reza Pahlevi (Angatan 1994, alumni Teknik Mesin), dan Sdr. Himawan (Angakatan 1992, alumni Tekstil). Rapat juga menunjuk Ketua Tim Steering Commitee yaitu Mulyadi Widodo, dan Ketua Organizing Commitee yaitu Sdi. Yoosca dari alumni Ilmu Komputer.

Ketiga, pada 14-15 Mei 2017 di Pupitek Serpong, Tangerang Selatan dilaksanakanlah Kongres Pertama Alumni UPN Veteran Jakarta, yang kemudian melahirkan Organisasi IKAUPNVJ, ketetapan tentang peraturan-peraturan organisasi dan ketetapan Ketua Umum Terpilih.


Dari sejarah singkat diatas, kita bisa melihat bahwa IKAPAL telah berperan sejak awal, baik dari gagasan, pemikiran, waktu dan sponsor sebagian pembiayaan, sejak mengambil inisiatif sampai terbentuknya organisasi IKAUPNVJ.

Semoga peran IKAPAL sebagai lembaga maupun sebagi pribadi-pribadi Alumni IKAPAL baik kedalam maupun keluar, khususnya dalam berkarya dapat terus selalu hadir disiplin produktif, menjadi bagian dari solusi, memiliki perspektif maju kedepan, terus meningkatkan kapasitas dan konsisten berkesinambungan dimanapun berada, sesuai slogan IKAPAL saat ini “menyatukan dan menginspirasi”.





Salam Redaksi.

0 comments: