Phone: +62 811 1111 1111
e-mail: support@ikapal.org

Top 10 Kapal Perang Terbesar dan Termahal di Dunia

Merupakan naluri dasara manusia untuk membangun hal-hal yang lebih besar, lebih cepat dan lebih kuat dari sebelumnya. Dalam dunia militer, pepatah ini telah berlaku selama berabad-abad berbagai negara berusaha untuk membangun militer terbesar dengan persenjataan terkuat. Persaingan antar negara tersebut dapat kita lihat di angkatan laut dari berbagai negara. Memiliki angkatan laut dengan jumlah besar adalah simbol kekayaan dan kekuasaan. Hal ini juga mencerminkan kemampuan bangsa untuk mempengaruhi seluruh dunia atau memaksakan kehendaknya pada orang lain. Dengan diperkenalkannya kekuatan udara, senjata nuklir dan teknologi ruang angkasa pada abad ke-20, peran angkatan laut agak berubah. Kini fungsi angkatan laut merupakan alat penting untuk memindahkan pasukan ke seluruh dunia, mengontrol daerah air atau mengirim pesan politik ke negara bagian lain.

Dalam angkatan laut dunia, bermacam-macam kapal diciptakan untuk armada militer. Dari tanker dan kapal pasokan untuk kapal penjelajah dan kapal induk, angkatan laut terdiri dari banyak jenis kapal. Tidak mengherankan, itu adalah kapal-kapal besar yang cenderung untuk mendapatkan semua perhatian. Setelah semua, itu adalah kapal-kapal besar yang cenderung memiliki senjata terbesar, rudal dan pesawat. Selain senjata nuklir, kapal angkatan laut yang besar menunjukan kemampuan suatu negara. Negara dengan kapal terbaru dan kapal terbesar terus bersaing untuk memiliki teknologi terbaru. Negara seperti Inggris telah membangun Kapal terbesar lebih 100 tahun yang lalu, Inggris menunjukkan ini ketika mereka membangun HMS dreadnaught, kapal perang pertama ‘modern’ dengan ukuran besar, kecepatan tinggi dan persenjataan terbaru. Hal ini menjadikan perlombaan senjata menjadi meningkat karena setiap kekuatan negara mulai meniru untuk membangun armada mereka sendiri seperti kapal dreadnaught Inggris. Untuk hari ini, kekuatan dunia terus bersaing untuk melihat siapa yang bisa membangun terbesar, kapal perang bersenjata terbaik, yang paling kuat dan modern.

Kapal-kapal terbesar hari ini mengerdilkan sebagian besar kapal perang terbesar yang dibangun selama Perang Dunia Kedua. Dalam hal tonase, bahkan kapal perang kelas Yamato 72.000 ton dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang – kapal perang terbesar dari Perang Dunia 2 – kalah bersaing dari kapal induk 100.000 ton yang telah menjadi norma di Angkatan Laut Amerika Serikat. Daftar berikut ini bukan tentang tonase tetapi, sebaliknya, memberikan informasi kapal perang terbesar yang ada di dunia ini

10. Izumo Class (Japan) – 813 feet


Meski hanya satu kapal di kelas ini telah selesai, Jepang berencana membangun setidaknya satu lagi untuk Maritime Self-Defense Angkatan Jepang. Izumo adalah pembawa helikopter yang tujuan utamanya adalah untuk militer memburu kapal selam musuh dan menghancurkan mereka. Hal ini dapat membawa sampai 14 helikopter atau 400 tentara dan beberapa lusin kendaraan. Biaya sekitar $ 1200000000 sepotong, kelas Izumo adalah kapal paling modern di armada Jepang dan terbesar yang Jepang telah dibangun sejak Perang Dunia Kedua. Selain helikopter sub-pemburu, kapal perang kelas ini tidak memiliki persenjataan ofensif dan hanya senjata jarak dekat dan rudal permukaan-ke-udara untuk tujuan defensif. Pemerintah China berpendapat bahwa Izumos bisa mengoperasikan pesawat lebih ofensif, seperti pesawat tempur siluman F-35, dengan sedikit modifikasi.

9. Kirov Class (Russia) – 827 feet


Berbeda dengan kelas Izumo, kapal penjelajah nuklir Rusia dari Kelas Kirov didukung untuk segala kepentingan. Dibangun dan ditugaskan antara 1970-an dan 1990-an, hanya ada empat kapal dari kelas ini yang dibangun karena diperkirakan setiap kapal mengeluakan biaya setara dengan $ 2 miliar. Saat ini, salah satu kapal perang terbesar ini telah sepenuhnya operasional, sementara tiga lainnya akan melalui modernisasi sebelum dikembalikan ke layanan. The Kirovs benar-benar mengesankan dalam hal persenjataan. Mereka membawa rudal supersonik anti kapal dengan jarak 500 km, ratusan rudal permukaan-ke-udara untuk menembak jatuh rudal musuh dan pesawat, serta bermacam-macam persenjataan anti-kapal selam. Ukuran kapal ini membuat pengamat Barat dan perencana militer kaget di mana Amerika Serikat kembali mengaktifkan dan dimodernisasi empat kapal perang kelas Iowa.

8. Wasp Class (USA) – 831 feet


Selama Perang Dunia II, Angkatan Laut Amerika Serikat dan Korps Marinir belajar pentingnya memiliki kapal khusus dan peralatan untuk menepatkan tentara darat di wilayah musuh. Persyaratan ini telah diberlakkukan selama dekade dan Amerika Serikat telah menginvestasikan uang yang cukup besar dalam memastikan ia memiliki kapal mampu memasukkan dan mendukung pasukan di daerah yang yang dikuasai musuh. Dari tahun 1989 sampai 2009, delapan kapal dari kelas Wasp ditugaskan ke layanan dengan biaya sekitar $ 750.000.000 masing-masing. Selain 1.200 awaknya, rute kapal serbu amfibi dapat membawa hampir 1.900 marinir, puluhan serangan aktif, helikopter, tank dan kendaraan lapis baja. Selain mendukung operasi di Timur Tengah dan Asia, kapal dari kelas Wasp telah mengambil bagian dalam misi kemanusiaan dan bantuan bencana.

7. America Class (USA) – 844 feet


Seperti Kelas Wasp, Amerika Class adalah jenis kapal serbu amfibi yang digunakan oleh Amerika Serikat. USS America, yang pertama dari kelas ini terbaru dari kapal, lebih besar, lebih modern dan, di $ 3400000000, jauh lebih mahal daripada kelas sebelumnya. Banyak dari kenaikan biaya ini adalah hasil dari memastikan bahwa kapal serbu baru dapat mengoperasikan pesawat yang lebih besar dan lebih baru, seperti F-35 Lightning II tempur siluman dan MV-22 Osprey transportasi. Hal ini membuat kapal kelas America baru hampir sama mampu sebagai kapal induk kecil. Dalam hal kekuatan udara, tergantung pada misi yang dilakukan, kapal ini juga membawa berbagai macam transportasi, penyerangan dan serangan helikopter. Semua ini merupakan tambahan untuk hampir 1.700 marinir, tank, artileri dan kendaraan lain yang dapat dilakukan.

6. Charles de Gaulle Class (France) – 858 feet



Kapal induk Charles de Gaulle adalah kapal permukaan pertama bertenaga nuklir milik Perancis dan satu-satunya operator bertenaga nuklir saat ini yang dikerahkan di luar Angkatan Laut Amerika Serikat. Setelah cukup penundaan dan ekonomi slowdowns, kapal induk ini akhirnya ditugaskan pada tahun 2001 dengan biaya sekitar $ 4 miliar. Selain senjata ringan dan rudal untuk pertahanan, Kapal Perancis ini dapat mengoperasikan 40 pesawat dan berlayar selama lebih dari 20 tahun sebelum perlu mengisi bahan bakar. Charles de Gaulle telah menghadapi tantangan, termasuk baling-baling patah, konstruksi miskin, radioaktivitas tinggi dari reaktor dan dek penerbangan yang awalnya terlalu pendek untuk mengoperasikan pesawat yang diinginkan.Meskipun demikian, setelah Kinks yang bekerja, kemudian mengambil bagian dalam operasi di seluruh dunia, termasuk perang melawan Taliban di Afghanistan.


5. Modified-Clemenceau Class (Brazil) – 869 feet


Dari tahun 1961 sampai tahun 2000, Angkatan Laut Perancis mengoperasikan dua kapal induk kelas Clemenceau. Ketika tiba saatnya untuk Perancis untuk memodernisasi, satu kapal dibatalkan sementara yang lain (Foch) dijual kepada Angkatan Laut Brasil pada tahun 2000 sebesar $ 12 juta. The Foch berganti nama São Paulo. Sejak pembelian, São Paulo telah mengalami banyak perubahan dan upgrade ke dek penerbangan, mesin, sensor dan persenjataan defensif. Tidak mengherankan, sebagian besar perangkat tambahan ini telah disediakan oleh perusahaan Perancis. Belum lama setelah São Paulo diperkenalkan ke Angkatan Laut Brasil, Pada tahun 2005 dan 2012 telah terjadi kebakaran di onboard kapal, membunuh dan melukai sejumlah awak. Saat ini, kapal dapat membawa 39 pesawat dengan A-4 Skyhawk menyediakan kemampuan ofensif.

4. Modified-Kiev Class (India) – 930 feet

INS Vikramaditya yang saat ini salah satu dari dua kapal induk di Angkatan Laut India. Kapal ini merupakan kapal bekas Angkatan Laut Soviet pada tahun 1987. Pada tahun 1996, Rusia memutuskan bahwa anggaran yang tidak bisa mendukung kapal induk era militer Soviet sehingga memutuskan untuk menjual sejumlah besar peralatan militer. Pada tahun 2004, kapal induk ini dibeli oleh India dengan harga kapal $ 2350000000. Sebagai bagian dari kesepakatan, Rusia setuju untuk memodifikasi kapal dengan kebutuhan India dan melengkapinya dengan pesawat Rusia. Perubahan ini termasuk pengupasan persenjataan berat dan menambahkan jalan ski-jump pada akhir dek penerbangan untuk mengubah era-Soviet cruiser-carrier menjadi kapal induk penuh. Pada 2013, kapal ini telah ditugaskan ke Angkatan Laut India INS Vikramaditya dengan kemampuan untuk mengoperasikan 36 pesawat.


3. Modified-Admiral Kuznetsov Class (China) – 999 feet



PLAN Liaoning adalah kapal induk pertama yang memasuki layanan dengan China. Kapal itu awalnya bernama Riga selama waktu di Soviet. Berganti nama Varyag pada tahun 1990, kapal ini dianggap sebagai beban surplus ke Rusia dan tidak lagi sesuai dengan anggaran militer Rusia pasca-Soviet. China membeli dan kapal ini dipreteli dari Ukraina pada tahun 1998 senilai $ 25 juta dengna dalih bahwa kapal tersebut akan berubah menjadi sebuah kasino terapung. Semua orang tahu-cerita sampul seperti itu konyol dan analis militer tidak terkejut ketika kapal induk itu ditugaskan ke layanan Cina sebagai Liaoning pada tahun 2012. kapal induk tercanggih Cina ini dilengkapi dengan pertahanan terhadap rudal, pesawat terbang dan kapal selam, serta kemampuan untuk mengoperasikan 30 pesawat. Liaoning adalah operator pertama China, ini terutama digunakan untuk melatih pilot untuk layanan operator.


2. Admiral Kuznetsov Class (Russia) – 1001 feet



Tidak seperti kapal induk Amerika, kapal induk Soviet-Rusia sering dilengkapi dengan persenjataan berat ofensif-defensif. Persenjataan ini termasuk rudal jarak jauh anti-kapal yang berat, puluhan (jika tidak ratusan) dari SAM dan beberapa bentuk persenjataan anti-kapal selam – semua di samping pesawat yang mereka bawa. Laksamana Kuznetsov kelas dianggap benar-benar menjadi Heavy-Pesawat-Carrying-Cruiser. The Admiral Kuznetsov adalah kapal-satunya yang tersisa dari kelas ini – yang lain telah dijual ke China. kapal induk ini ditugaskan ke layanan pada tahun 1990 dan benar-benar kapal induk Rusia. Dalam hal pesawat, Laksamana Kuznetsov dapat beroperasi lebih dari 30 pesawat sayap tetap dan selusin helikopter.

1. Nimitz Class (USA) – 1092 feet


Kapal induk dari kelas Nimitz adalah kapal perang terbesar saat ini dalam pelayanan di dunia.Harga kapal Perang ini sekitar $ 4500000000 masing-masing, ini adalah operator kapal paling mahal di daftar ini. Sepuluh kapal kelas ini telah beroperasi di Amerika Serikat dan melebarkan kekuatan militernya di seluruh dunia. Selain masalah-masalah militer, kapal dengan berat 100.000 ton super operator ini juga memberikan bantuan kemanusiaan dari tsunami Indonesia pada tahun 2004 ke 2010 gempa bumi di Haiti.

Operator Nimitz dapat beroperasi 85 sampai 90 pesawat, secara substansial lebih dari semua operator lain di dunia. Mereka juga memiliki array biasa rudal dan senjata dimaksudkan untuk melindungi terhadap rudal dan pesawat musuh. Diharapkan bahwa setiap pembawa dari kelas ini akan melayani selama 50 tahun sebelum dinonaktifkan. Sementara itu, Angkatan Laut Amerika Serikat telah dimulai gedung kelas Gerald R. Ford, sebuah kapal induk yang lebih besar dengan harga diperkirakan antara $ 9-12000000000.

2 comments:

  1. Sebagai negara kepulauan kepentingan utk pengamanan wilayah perlu di bangun saran pengamanan yang mobile utk di laut. Saya kita kapal induk harus nya Indonesia mempunyai

    ReplyDelete
  2. Sebagai negara kepulauan kepentingan utk pengamanan wilayah perlu di bangun saran pengamanan yang mobile utk di laut. Saya kita kapal induk harus nya Indonesia mempunyai

    ReplyDelete